Variabel Laten Dalam SEM

Variabel Laten Dalam SEM

Dalam Model Persamaan Struktural atau Structural Equation Model (disingkat dengan SEM), Variabel Laten merupakan Variabel yang tidak bisa diukur secara langsung, melainkan hanya bisa diukur secara tidak langsung melalui beberapa Variabel Indikator dengan Analisis Faktor Konfirmatori. Variabel ini dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Variabel Laten Independent
  • Variabel Laten Dependent

Untuk memahaminya silakan perhatikan dua contoh di bawah ini.

Contoh 1:

Kepuasan Kerja à Kinerja Seseorang


Dalam contoh tersebut Variabel Laten "Kepusan Kerja" mempengaruhi Variabel Laten "Kinerja Seseorang". Dikatakan pula Variabel Laten "Kepusan Kerja" merupakan prediksi dari Variabel Laten "Kinerja Seseorang". 

Dalam SEM, Variabel Laten yang dipengaruhi Variabel Laten lain disebut Variabel Dependent Laten. Sebaliknya, Variabel Laten yang tidak dipengaruhi Variabel Laten lain disebut Variabel Independent Laten. 

Dalam contoh tersebut "Kepuasan Kerja" merupakan Variabel Independent Laten sedangkan "Kinerja Seseorang" merupakan Variabel Dependent Latent".

Contoh 2:


Kepuasan Kerja à Kinerja Seseorang à Kinerja Perusahaan


Dalam contoh tersebut "Kepuasan Kerja" masih merupakan Variabel Independent Laten karena karena tidak dipengaruhi Variabel Laten lain manapun (tidak ada tanda panah yang mengarah padanya). Sedangkan "Kinerja Perusahaan" merupakan Variabel Dependent Laten karena di pengaruhi "Kinerja Seseorang". Sedangkan "Kinerja Seseorang" jika dilihat dari sisi "Kepuasan Kerja" maka dianggap sebagai Variabel Dependent Laten, dan jika dilihat dari sisi "Kinerja Perusahaan" maka dianggap sebagai Variabel Independent Laten.

Namun dalam aturan SEM, semua Variabel Laten yang dipengaruhi oleh Variabel Laten lain (ditunjukkan dengan anak panah masuk) akan disebut Variabel Dependent Laten. Sedangkan Variabel Laten yang tidak dipengaruhi Variabel Laten lain (tidak ada panah yang masuk padanya) disebut variabel Independent Laten. Jadi, dalam contoh diatas "Kepusan Kerja" merupakan Variabel Independent Laten, sedangkan "Kinerja Seseorang" dan "Kinerja Perusahaan" merupakan Variabel Dependent Laten. 


Sumber:
Dirangkum dari buku "Analisis Statistika Multivariat Terapan" karya Agus Widarjono.
www.clipartbest.com
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Variabel Laten Dalam SEM
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Variabel Laten Dalam SEM ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
9/11/2018 07:42:00 PM ×

Penjelasannya sangat baik dan mudah dipamahi.terimakasih

Balas
avatar
admin
10/28/2018 09:46:00 AM ×

Terima Kasih... very useful for me as a beginner.

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment