Analisis Jalur (Path Analysis)

Analisis Jalur (Path Analysis) merupakan dasar di dalam membentuk hubungan antara variabel di dalam Model Persamaan Struktural atau Struktural Equation Model (SEM). Sedangkan yang menjaidi dasar dari Analisis Jalur Sendiri ada dua, yaitu:

  • Analisis Korelasi
  • Analisis Regresi

Analisis Jalur adalah sebuah metode untuk mempelajari efek langsung (direct effect) maupun efek tidak langsung (indirect effect) dari variabel. Dengan demikian Analisis Jalur ini bukanlah merupakan metode untuk menentukan hubungan penyebab satu variabel terhadap variabel lain, tapi hanya menguji hubungan teoritis antar variabel. Analisis jalur bukanlah suatu metode membangun sebuah teori dan tidak menyediakan cara untuk melakukan spesifikasi model untuk membentuk teori baru, tapi hanya sekedar mengestimasi dampak antar variabel setelah model ditentukan berdasarkan teori yang ada. 

Salain itu, berbeda dengan SEM, semua variabel yang ada di dalam Analisis Jalur, baik dependent maupun independent, nerupakan variabel yang dapat diukur langsung (observable).

Tahapan Analisis Jalur:
1. Membuat spesifikasi model Analisis Jalur hubungan antar variabel (harus berdasarkan landasan teori yang ada). Tanda anak panah lurus satu arahmenunjukkan bahwa satu variabel mempengaruhi variabel lain (dianalisis dengan Analisis Regresi). Tanda anak panah melengkung dua arah menunjukkan adanya korelasi antara dua variabel (dianalisis dengan Analisis Korelasi).

Analisis Jalur (Path Analysis)
(www.ats.ucla.edu)

2. Melakukan estimasi untuk mendapatkan koefisien Analisis Jalur. Koefisien ini diperoleh dari Analsis Regresi dan Analisis Korelasi.
3. Melakukan Uji Signifikasi Analisis Jalur.
4. Uji Kelayakan Model Analisis Jalur.


Sumber:
Dirangkum dari buku "Analsis Statistika Multivariat Terapan" karya Agus Widarjono.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Analisis Jalur (Path Analysis)
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Analisis Jalur (Path Analysis) ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment