Analisis Faktor Eksploratori

Analisis Faktor Eksploratori

Sebelum membahas Analisis Faktor Eksploratori alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang Analisis Faktor pada postingan sebelumnya. 

Pada Analisis Faktor Eksploratori atau Exploratory Factor Analysis (disingkat dengan EFA) kita mencari sejumlah indikator untuk membentuk faktor umum (common factor) tanpa ada landasan teori sebelumnya. Dengan kata lain Analisis Faktor Eksploratori merupakan sebuah metode untuk membangun sebuah teori (theori building). Hal ini merupakan kebalikan dari Analisis Faktor Konfirmatori. Selain itu, yang membedakan Analisis ini dengan Analisis Faktor Konfirmatori yaitu dalam Analisis Eksploratori tidak dimungkinkan adanya korelasi antar Variabel Laten.

Contoh: 
Dalam satu semester seorang mahasiswa mengambil 4 matakuliah yaitu Matematika, Fisika, Bahasa, dan Sejarah. Secara umum nilai keempat matakuliah tersebut dipengaruhi oleh tingkat intelegensia mahasiswa. Disamping itu nilai keempat matakuliah tersebut juga tergantung bakat mahasiswa.

Dari contoh diatas menghasilkan 4 persamaan linear (nilai setiap matakuliah) seperti dalam Model Regresi yang menjelaskan pengaruh tingkat intelegensia dan bakat mahasiswa terhadap nilai mata kuliah. Dalam persamaan tersebut, tiap matakuliah merupakan Variabel Dependent, tingkat intelegensia merupakan Variabel Independent, dan bakat adalah Variabel Gangguan (error terms).

Variabel matakuliah disebut juga Variabel Indikator dari variabel intelegensia. Sedangkan variabel intelegensia merupakan Variabel Laten karena terbentuk dari beberapa Variabel Indikator.


Sumber:
Dirangkum dari buku "Analisis Statistika Multivariat Terapan" karya Agus Widarjono
www.sudaramericanapoker.com
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Analisis Faktor Eksploratori
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Analisis Faktor Eksploratori ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment