Tujuh Wisata Alam Jawa Tengah Terindah

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang berada di tengah Pulau Jawa dengan luas 34.548 km2. Daerah ini dikenal dengan kekayaan wisatanya, baik itu wisata alam, wisata budaya, maupun wisata kuliner.

Jawa Tengah merupakan miniatur yang mewakili keindahan alam Indonesia dikarenakan di provinsi ini kita dapat menemui berbagai macam wisata alam khas Indonesia antara lain: wisata pantai, wisata bawah laut, wisata gunung, danau, goa, dan masih banyak lagi. Berikut sebagian dari sekian banyak Wisata Alam Jawa Tengah yang layak dijadikan referensi wisata dalam Tujuh Wisata Alam Jawa Tengah Terindah:

1. Karimunjawa
Karimunjawa adalah sebuah nama kepulauan yang berada di sebelah utara Jawa Tengah. Kepulauan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Karimunjawa telah menjadi wisata taman laut yang terkenal hingga mancanegara. 


Karimunjawa
Kepulauan Karumunjawa
(bestwisatakarimunjawa.com)

Pulau ini merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan mangrove, hutan pantai, dan berbagai macam spesies fauna. Di Karimunjawa terdapat 242 spesies ikan hias serta fauna langka seperti Elang Laut Dada Putih, Hiu, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Pohon Dewandaru adalah nama pohon yang menjadi ciri khas di kepulauan ini. 


Karimunjawa
Menyelam Di Karimun Jawa
(www.danarif.com)

Hiu Karimunjawa
Bermain Bersama Hiu Di Karimunjawa
(ranselkarimunjawa.com)

Selain karena keindahan alamnya, Karimunjawa dikenal memiliki ombak yang jinak, air laut yang jernih nan dangkal, serta pasir yang halus sehingga menjadikannya jujugan bagi pecinta wisata pantai.


Pantai Di Karimunjawa
(www.arunatoursbali.com)

2. Dataran Tinggi Dieng
Dieng adalah dataran tinggi sejuk yang letaknya berada diantara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya berada disebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memiliki panorama alam yang indah dilengkapi dengan bangunan-bangunan bersejarah.


Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng
(uniqpost.com)

Didataran tinggi ini terdapat banyak kawah dan danau vulkanik. Salah satunya adalah Telaga Warna yang sering memunculkan warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Dataran tinggi dieng juga terdapat beberapa kompleks candi, gua, dam Museum Dieng Kalilasa.


Telaga di Dieng
Telaga di Dieng
(spotwisata.com)
Candi Dieng
Candi Di Komplek Dieng
(gakeriwisata.wordpress.com)

3. Tawangmangu
Tawangmangu adalah kawasan wisata yang sangat sejuk yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tawangmangu merupakan wisata pegunungan yang terletak di sebelah barat Gunung Lawu. 


Tawangmangu
Tawangmangu
(www.griyawisata.com)

Di tempat ini terdapat air terjun Grojogan Sewu dengan ketinggian 81 meter. Hawanya yang sejuk dan pemandangannya yang indah menjadikan Tawangmangu dikenal sebagai tempat wisata sejak zaman kolonial. Saat ini disana sudah ada sarana penginapan seperti villa dan hotel yang menjadikannya sebagai tujuan wisatawan yang ingin berlibur di akhir pekan. 


Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu
(uniqpost.com)

4. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu terletak di tiga wilayah yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang. 


Gunung Merbabu
Gunung Merbabu
(obyekwisatasalatiga.blogspot.com)

Merbabu mempunyai dua puncak tertinggi yaitu Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl) dan Puncak Syarif (3.119 mdpl). Selain itu terdapat pula lima buah kawah masing-masing Kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo. Gunung Merbabu banyak diminati pendaki karena memiliki tingkat kesulitan yang relatif sedang serta pemandangan yang sangat indah sepanjang jalur pendakian.


Gunung Merbabu
Pendakian Menuju Puncak Merbabu
(bentangnusantara.com)

5. Baturaden
Baturaden adalah sebuah Lokawisata yang terletak 14 km arah utara Purwokerto, Jawa Tengah, tepatnya di kaki Gunung Slamet. Tempat wisata alam ini dikenal memiliki udara yang sejuk karena letaknya berada di 650 mdpl serta memiliki panorama yang menawan. Dari tempat ini wisatawan dapat melihat Kota Purwokerto, Pulau Nusakambangan, serta beberapa pantai indah di wilayah Cilacap. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, juga sudah ada sarana hotel yang nyaman.


Baturaden
Baturaden
(www.panoramio.com)

Di komplek wisata ini terdapat pemandian air panas yang disebut sebagai Pancuran Pitu. Suhu airnya berikisar antara 60 hingga 70 derajat celcius. Diyakini pemandian air panas ini dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan. Selain itu di komplek wisata Baturaden terdapat Taman Bitanin yang memiliki koleksi tanaman dan bunga langka. 


Pancuran Pitu Baturaden
Pancuran Pitu, Baturaden
(wisatabanyumas.blogdetik.com)

Masih dalam komplek wisata Baturaden, terdapat Telaga Sunyi yang berada di Wana Wisata. Jika berkunjung ke Baturaden jangun lupa untuk singgah di kebun binatang yang diberi nama Taman Kaloka Widya Mandala. Di dalamnya juga terdapat museum yang menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

6. Goa Petruk
Bagi yang berjiwa petualang dan pecinta goa, Goa Petruk layak dikedepankan. Berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Goa Petruk terletak diatas bukit kapur setinggi 75 meter, jadi untuk mencapainya pengunjung harus berjalan menyusuri anak tangga terlebih dahulu. Goa ini sangat indah mempesona karena kondisi alaminya yang belum tersentuh campur tangan pengelola. Dari informasi, goa ini memiliki panjang hingga 2000 meter dan dapat ditelusiri hingga 350 meter. Dalam goa ini terdapat tiga tingkatan lantai goa yaitu lantai satu, dua, dan tiga.


Goa Petruk
Tetesan Air Stalaktit Goa Petruk
(aribicara.com)

Tetesan air kapur berjatuhan dari stalaktit goa. Bentuk stalaktit dan stalagmit goa petruk membentuk ornamen-ornamen yang unik. Dalam goa ini juga terdapat sendang dan air terjun. Wisatawan yang akan berkeliling gua ini akan ditemani seorang pemandu. Seorang ahli goa, Dr Koo, menyatakan bahwa Goa Petruk merupakan goa terindah diseantero Indonesia.


Goa Petruk
Air Terjun Dalam Goa Petruk
(www.sayangi.com)

Sendang Katak - Goa Petruk
Sendang Katak, Goa Petruk
(diasporaiqbal.blogspot.com)

7. Pantai Nampu
Pantai Nampu Terletak di Desa Dringo Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Wonogiri dikenal sebagai wilayah yang masih relatif sepi penduduknya. Tak heran pantai ini masih sunyi dan sepi karena jauh dari kota. Oleh karena itulah pantai ini masih alami. Namun demikian, sarana menuju pantai ini sudah cukup baik mulai dari akses jalan beraspal, area parkir, toilet, tenda penunjuk, tempat makan, dan sebagainya


Pantai Nampu
Pantai Nampu
(burhanarfany.blog.com)

Memiliki pasir putih bersih dan air laut yang jernih belum tercemari, namun berhati-hatilah jika berenang karena pantai ini memiliki ombak besar khas pantai selatan dan juga bebatuan karang. Saat air laut surut, akan terlihat  bebatuan karang yang sangat indah memukau wisatawan.


Pantai Nampu
Pasir di Pantai Nampu
(www.infoimogiri.com)

Sebenarnya selain ke tujuh destinasi wisata diatas masih banyak lagi tempat-tempat wisata alam di Jawa Tengah yang tidak kalah keindahan panoramanya. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah saai ini telah meluncurkan "Central Java E-Tourism", yakni pemasaran wisata Jawa Tengah melalui teknologi digital. Dengan demikian potensi wisata di Jawa Tengah diharapkan akan lebih dikenal masyarakat Indonesia dan dunia. Visit Jawa Tengah..



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Jawa_Tengah
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Karimunjawa
http://id.wikipedia.org/wiki/Dieng
http://id.wikipedia.org/wiki/Tawangmangu,_Karanganyar
http://alamendah.org/2014/04/30/10-puncak-gunung-tercantik-di-indonesia/4/
http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/purwokerto/kupas-tuntas-tempat-wisata-baturaden-jawa-tengah/433/
http://yoyo-travel.blogspot.com/2009/02/wisata-goa-di-jawa-tengah.html
http://www.tabloidpamor.com/berita-96-legenda-goa-andrakila-goa-petruk.html
http://www.sayangi.com/gayahidup1/travel/read/8047/menelusuri-indahnya-air-terjun-dalam-goa-petruk
http://puppytraveler.com/2010/07/25/pantai-nampu-pantai-sepi-yang-indah/
http://www.pariwisata.wonogirikab.go.id/home.php?mode=content&id=235
http://indonesia.travel/id/destination/1040/pantai-nampu
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tujuh Wisata Alam Jawa Tengah Terindah
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Tujuh Wisata Alam Jawa Tengah Terindah ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »

12 komentar

Click here for komentar
JIM
2/02/2015 03:42:00 PM ×

wah, keren kak.
bisa jadi referensi.

Balas
avatar
admin
2/02/2015 06:12:00 PM ×

terima kasih sudah berkunjung kak jim. happy holiday ya

Balas
avatar
admin
Anonim
12/15/2015 07:48:00 PM ×

Mantap info info wisatanya gan mampir juga ke blog ane gan di filosofiwisata.blogspot.com

Balas
avatar
admin
1/17/2016 03:30:00 AM ×

bagus innfonya buat referensi
salam kenal

Balas
avatar
admin
1/22/2016 01:41:00 PM ×

Taman Kyai Langgeng juga salah satu obyek wisata menarik yang berdekatan dengan Candi Borobudur, Ketep Pass, dan Arung Jeram Sungai Progo. Selain hutan buatan di tengah perkotaan serta taman yang asri terdapat berbagai wahana untuk tempat rekreasi dan edukasi bagi para pengunjung.

Balas
avatar
admin
5/31/2016 12:26:00 PM ×

Bagus2 tempatnya, kira2 ada ide buat acara outing kantor yang bisa team building?

Training Auditor

Balas
avatar
admin
2/21/2017 06:01:00 PM ×

Mampir juga ke sini
ngadem-di-tempat-wisata.blogspot.com

Balas
avatar
admin
2/23/2017 09:25:00 AM ×

makasih buat info nya

visit Dieng Plateau : Paket Wisata Dieng

Balas
avatar
admin
3/14/2018 08:40:00 AM ×

kenapa harus liburan jauh-jauh ke luar negeri kalo di indonesia bnyak tempat wisata yang menari untuk dikunjungi

Balas
avatar
admin
4/17/2018 09:41:00 AM ×

wah karimun jawa bisa jadi refrensi liburan akhir tahun neh...

salam ,,,

Nggak Pernah Habis Kinclongnya Indonesia

Balas
avatar
admin
8/31/2018 01:35:00 PM ×

Karimun Jawa sepertinya menarik juga, pengen juga kesana untuk liburan
pantai ngobaran

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment