Peran Informatika Dan Telekomunikasi Dalam Industri Kreatif

Pengertian Industri Kreatif

Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian, berbagai pihak berpendapat bahwa "kreativitas manusia adalah sumberdaya ekonomi yang utama" dan bahwa "industri abad ke-21 akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi".

Departemen Perdagangan Republik Indonesia memetakan industri kreatif ke dalam 15 subsektor yaitu: periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, video-film-fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, riset dan pengembangan, serta kuliner. 


Industri Kreatif
(hilfans.wordpress.com)

Industri Kreatif Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kreatif. Mengapa disebut demikian? Hal ini ditunjukkan dari masyarakatnya yang memiliki kreasi dan daya cipta. Ini terlihat dari kebudayaan negara kita yang sangat kaya. Tiap daerah mampu menciptakan karya seni dan budaya yang menjadi ciri khasnya masing-masing seperti tarian, lagu daerah, kesenian, permainan tradisonal, dan lain-lain. Menciptakan hal-hal tersebut tentunya membutuhkan kecerdasan dan kreatifitas yang mumpuni. Tak jarang budaya kita dijiplak begitu saja oleh negara lain.

Sebagai negara yang kreatif, saat ini industri kreatif sedang menggeliat di Indonesia. Hal ini ditandai dengan munculnya industri-industri kreatif baru baik itu di kota-kota maupun di daerah-daerah Indonesia. Di tempat-tempat tersebut bermunculan beraneka macam industri kreatif dari berbagai sektor yang menciptakan inovas-inovasi baru sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Ini merupakan sebuah sinyal positif dimana industri kreatif mampu menjadi sektor yang menjanjikan dalam perputaran ekonomi global.

Berikut ini adalah sedikit contoh sebagai bukti bahwa industri kreatif di Indonesia sedang berkembang pesat:

a. Kerajinan
Sebagai negri yang kaya akan karya seni, tak heran jika di negara kita tiap daerah mempunyai sentra industri kerajinan khas masing-masing. Sebagai contoh sentra penghasil perak di Kota Gede Jogjakarta, Sentra penghasil batik di Pekalongan, penghasil kayu ukir di Jepara, dan masih banyak lagi. Bahkan banyak hasil kerajinan Indonesia yang diminati oleh pasar mancanegara.


Perak
Pengrajin Perak, Kota Gede
(anangelnino.blogspot.com)

b. Musik
Musisi tanah air sudah banyak yang menelurkan karya-karya yang laris manis tak hanya di dalam negri tapi sudah merambah ke mancanegara. Di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura boleh dikatakan band-band Indonesia sangat populer disana. Selain itu tiap harinya lahir calon-calon musisi baru melalui jalur band-band indie.


Musik
Dewiq, Pencipta Lagu Hits
(seputarinfomusik.blogspot.com)

c. Kuliner
Perkembangan industri UKM kuliner saat ini tengah menjamur dibeberapa kota. Sebut saja Bandung, Jogjakarta, Malang, dan kota-kota lainnya belakangan muncul ide-ide kreasi dan inovasi kuliner baru. Kebanyakan perintisnya masih berusia muda dan kreatif sehingga tidak takut mencoba dan berkreasi menemukan hal yang baru dibidang industri kuliner.


Kuliner
Kuliner Simpang Kinol, Padang
(www.padangkreatif.com)

d. Perfilman
Setelah sempat mati suri, dunia perfilman nusantara kembali bergairah. Terbukti dengan banyaknya film yang dirilis serta meningkatnya animo pengunjung bioskop. Selain itu film-film independent atau film indie yang dibuat oleh anak-anak muda juga makin kreatif. Tak jarang muncul aktor-aktris berbakat yang muncul dari jalur indie.


Film
Festival Film Indie
(www.portalkbr.com)

e. Fashion
Tak dapat dipungkiri masyarakat dewasa ini sangat memperhatikan penampilan dan fashion. Banyak karya-karya desainer Indonesia yang sudah mendunia. Selain itu di kota-kota besar banyak orang yang mulai merintis bisnis butik maupun distro.


Fashion
Butik Dian Pelangi
(zonabatam.com)

f. Permainan Interaktif
Siapa bilang Indonesia tidak bisa membuat game sendiri. Malah game buatan anak negri dikenal lebih mengedukasi daripada game buatan luar negri yang banyak menonjolkan aksi kekerasan. Saat ini di negara kita terdapat lebih dari 400 devoloper dengan lebih dari seribu game yang telah dilahirkan. Dengan banyaknya perusahaan game lokal, yang karyanya sudah cukup dikenal dunia, diharapkan kedepannya Indonesia akan menjadi pusat industri game dunia. Tak hanya game, industri pembuatan mainan anak-anak tradisonal maupun modern yang merangsal pertumbuhan otak anak juga sedang laris manis di Indonesia.


Game
Game Buatan Anak Bangsa
(inthehoedz.blogspot.com)

Selain macam indutri yang telah dijelaskan diatas, tentu masih banyak lagi industri kreatif di Indonesia yang sedang berkembang dengan pesat yang terbagi dalam 15 sub-sektor industri kreatif seperti yang telah dikemukakan diawal.

Peran Informatika Dan Telekomunikasi

Di era globalisasi belakangan ini, persaingan dunia bisnis makin cepat dan ketat. Tiap perorangan maupun perusahaan berlomba-lomba menghasilkan produk terbaik guna bersaing dengan pesaing sejenis untuk menguasai pangsa pasar. Saat ini penggunaan teknologi informatika dan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh semua tingkat usaha, mulai dari industri besar hingga usaha kecil menengah atau yang sering disebut sebagai UKM. Teknologi internet merupakan salah satu sarana utama yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha dalam mempromosikan dan memasarkan produknya. 


Informatika
Informatika & Telekomunikasi
(www.b2.eu)

E-Commerce merupakan suatu revolusi di bidang pemasaran dimana ini merupakan sistem yang efektif untuk menghadapi tantangan pemasaran global. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial seperti transfer dana secara elektronik, supply chai management, pemasaran elektronik, pemasaran online, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik, dll.


E-Commerce
E-Commerce
(zeendo.com)

Sistem elektronik yang sedang berkembang saat ini adalah website dengan jaringan internet. Dengan cara ini pelaku usaha dapat memperkenalkan produknya lewat jaringan internet yang terhubung keseluruh dunia. Adanya website beserta internet memungkinkan terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung (bertemu langsung) maupun tidak langsung (melalui internet). Dalam website juga tercantum berbagai informasi mengenai penjualan, informasi perusahaan, harga dan spesifikasi produk yang dijual, dan lain-lain.

Selain website, ada juga web log, atau yang lebih kita kenal dengan blog. Saai ini blog tidak hanya dibuat untuk keperluan tulis-menulis diary pribadi saja, namun blog juga dapat digunakan untuk memasarkan produk atau bisnis online. Hal ini disebabkan karena blog lebih mudah dibuat daripada website. Kita hanya perlu mendaftar dan dapat langsung menggunakan layanan blogging secara gratis. Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing platform blog (Blogger, Wordpress, dll). Fitur-fitur dari blog memang dikenal sangat user-friendly dan mudah dipahami sehingga pemula yang tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun dapat mengoprasikannya. Bahkan para pelaku usaha sudah mampu melakukan optimasi SEO pada blog bisnisnya agar menempati urutan teratas di search engine yang akan berdampak pada membesarnya peluang menggaet banyak konsumen.


Web dan Blog
Website and Blog
(www.indoamaterasu.com)

Selain melalui website dan blog, media atau jejaring sosial juga merupakan sarana ampuh dalam memasarkan hasil industri kreatif. Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi seperti gedget menjadikan bermunculannya berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin, dan masih banyak lagi. Reza Nurhilman, merupakan salah satu pengusaha yang sukses memasarkan produknya melalui media sosial Facebook dan Twitter. Industri kreatifnya dibidang kuliner yang diberi nama Kripik Pedas "Maichi" kini omzetnya dapat mencapai 4 miliar rupiah perbulan.


Reza Nurhilman
Reza Nurhilman
(www.maxmanroe.com)

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi informatika dan telekomunikasi sangat berperan penting dalam kemajuan industri kreatif. Melalui website, blog, media sosial, dan lainnya dapat dijadikan sarana memasarkan produk dan menjalin interaksi dengan konsumen tanpa mengeluarkan biaya yang besar khususnya bagi industri skala kecil dan menengah. Terlebih dengan kondisi masyarakat Indonesia yang saat ini semakin melek terhadap teknologi khususnya internet, menjadikan media ini sangat efektif dan bisa diterapkan di semua bidang industri sehingga bisa memajukan dan menggali potensi tiap-tiap industri kreatif yang dapat membuka lapangan kerja baru.






Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://news.okezone.com/read/2014/12/06/65/1075600/indonesia-berpotensi-jadi-pusat-industri-game-dunia
http://onlinedapetincome.blogspot.com/2014/01/perbedaan-antara-website-dengan-blog.html
http://zahiraccounting.com/id/blog/5-pengusaha-ukm-ini-sukses-berpromosi-lewat-social-media/
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Peran Informatika Dan Telekomunikasi Dalam Industri Kreatif
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Peran Informatika Dan Telekomunikasi Dalam Industri Kreatif ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
3/16/2016 09:45:00 AM ×

thanks for the information and I love this website blog (greetings)

Balas
avatar
admin
3/17/2016 10:13:00 AM ×

terimaikasih buat informasinya....

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment