Belajar Gitar Dengan Software

Pengen belajar gitar tapi bingung minta diajarin siapa. Orang di rumah mas, mbak, adek, bapak, semuanya sama aja gak ada yang bisa main gitar. Pengen minta ajarin temen atau tetangga semua masih pada sibuk. Mau ikut kursus musik gak ada dana dan gak ada waktu. Akhirnya alat musik petik ini cuma jadi pajangan kamar. Boro-boro memainkannya, menyetemnya aja ngga bisa.

Untuk yang bingung gimana cara menyetem, silakan baca artikel Menyetem (Tuning) Gitar Dengan Mini Clip Tuner. Nah selanjutnya kita bahas cara belajar gitar dengan salah satu aplikasi belajar gitar bernama Guitar Pro 6. Aplikasi ini merupakan update dari versi-versi sebelumnya. Dengan aplikasi ini belajar gitar sendiri menjadi lebih mudah. Berikut penampakannya.

Guitar Pro 6

Pada aplikasi ini kita dapat melihat lembaran berisi tablature yang disebut score. Selain untuk pemula, software ini juga bisa digunakan komposer profesioanal yang sedang mengedit atau membuat aransemen. Fitur-fitur yang ada di dalamnya antara lain:

1. Tidak hanya belajar main gitar, dengan software ini kita dapat mempelajari alat musik lain seperti piano dan bass. Guitar Pro 6 dilengkapi view freatboard gitar/bass, keyboard, dan drums. Dengan ini kita dapat mengetahui posisi jari tangan saat memainkan alat musik.

Guitar Pro 6

Guitar Pro 6

Guitar Pro 6

Guitar Pro 6

2. Terdapat tampilan yang menunjukkan berbagai macam kord gitar yang bisa dipelajari lengkap dengan posisi jari tangan pada freatboard.

Guitar Pro 6

3. Adanya Soundbank yang membuat suara yang dihasilkan terdengar sebagai suara alat musik sebenarnya. Ini berbeda dengan versi-versi sebelumya yang suaranya masih terdengar berekstensi MIDI. Disini terdapat berbagai macam suara gitar yang bisa diset sesuai keinginan seperti suara gitar elektrik, akustik steel, akustik nylon, jazz, dan lain-lain. Disamping itu juga terdapat suara alat musik lain seperti bass, pipe, idiophone, dsb.

Guitar Pro 6

4. Terdapat tool Digital Tuner yang berfungsi dalam proses tuning atau menyetem gitar. Namun sepertinya ini membutuhkan perangkat tambahan berupa microphone untuk menginputkan suara gitar kita.

Guitar Pro 6

5. Cara mudah belajar gitar tentunya dimulai dengan tempo yang tidak terlalu cepat terlebih dahulu. Terdapat fungsi Repeat. Kita bisa mempelajari sebuah lagu dengan tempo yang lambat melalui Speed Trainer.

Guitar Pro 6

Selain kelebiha-kelebihan diatas tentunya masih banyak lagi fitur yang dimiliki Guitar Pro 6. Sekarang kita bahas tahap-demi tahap belajar bermain gitar dengan software ini.

1. Dapatkan softwarenya melalui situs resminya yaitu di http://www.guitar-pro.com/en/index.php

2. Instal di komputer atau laptop anda.

3. Setelah terinstal dengan benar lalu siapkan gitar anda, tentunya sudah disetem dulu ya sebelumnya. Sebelum mempelajari sebuah lagu, bagi pemula yang belum tahu sama sekali variasi kunci-kunci gitar, alangkah baiknya klik menu Note > Chord pada software Guitar Pro. Disana akan muncul kotak dialog baru yang berisi macam-macam kord gitar yang disertai petunjuk penempatan jari tangan. Pelajari kunci yang dasar dan sering digunakan seperti C, A, D, F, Am, E, Em, Dm, B, dll.

4. Jika sudah menguasai beberapa kunci, sekarang saatnya mempelajari sebuah lagu. Kita bisa download tablaturenya di www.ultimate-guitar.com. Sebaiknya pilih lagu yang mudah dipelajari. Saran saya belajarlah dengan lagu-lagu milik grup band Peterpan. Ini bukan karena saya seorang fans berat band tersebut, namun karena lagu-lagu mereka sudah akrab di telinga dan memiliki kunci yang cukup sederhana. Yang dimaksud disini adalah lagu-lagu saat sebelum mereka berganti nama menjadi Noah. 

5. Buka tablature yang sudah didownload tadi melalui menu File > Open. Sebelumnya pastikan lagu yang didownload tadi memiliki format .gp6, .gp5, .gp4, dst.

6. Setelah score terbuka jangan lupa menampilkan view fretboard untuk mempermudah kita menirukan posisi jari tangan saat memainkan sebuah nada. Tekan Ctrl + F6 pada keyboard komputer untuk menampilkannya.

7. Jika perlu, gunakan Speed Trainer untuk mempelajari sebuah lagu dengan tempo yang tidak terlalu cepat terlebih dahulu. Untuk menampilkan fitur ini cukup dengan menekan tombol F9 pada kayboard komputer dan selanjutnya kita tinggal mensetting berapa kecepatan yang diinginkan.

8. Terakhir klik tombol Play pada pada aplikasi Guitar Pro 6 dan anda siap untuk belajar gitar.

Sekian ulasan mengenai salah satu aplikasi belajar gitar bernama Guitar Pro 6 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar bermain gitar.


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Belajar Gitar Dengan Software
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Belajar Gitar Dengan Software ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment