Review: Black Hawk Down

Sebuah film action war yang rilis tahun 2001. Film yang diangkat dari kisah nyata (alias film sejarah) tentang jatuhnya helikopter Black Hawk milik tentara USA di ibukota Somalia, Mogadishu pada tahun 1993. Dibintangi oleh Josh Hartnett, Eric Bana, William Fichtner, dan aktor-aktor lainnya.

Sumber: wikipedia

Rakyat Somalia menderita kala itu yang dikarenakan perang antar clan yang berkepanjangan. 300 ribu rakyat sipil mati kelaparan. Farah Aidid, salah satu warlords yang paling berkuasa di Mogadishu, merampas bantuan makanan internasional yang masuk ke Somalia. Dunia menjawab, kemudian dikirimlah 20 ribu pasukan untuk memulihkan keamanan. Bulan Juni pasukan Aidid menyerang pasukan DK PBB, 24 personil PBB yang berasal dari Pakistan tewas. Setelah itu Aidid mulai menargetkan personil dari USA. Akhir Agustus, pasukan elit USA dikirim ke Somalia yang terdiri dari: Pasukan Delta Force, US Army Rengers, dan 160th SOAR untuk memulihkan keamanan di Somalia dibawah komando Mayjen Garrison. 

Sumber: panjipluembond.blogspot.com

3 Oktober 1993, menurut data intelijen, akan diadakan pertemuan antara orang-orang kepercayaan Aidid pukul 15.00. Dua tokoh yang menjadi target ringkus adalah: Omar Salad dan Abdi Hassan Awale yang nerupakan tokoh penting dan kaki-tangan Aidid. Teknis penangkapannya, pukul 15.45 pasukan Delta yang diturunkan dari heli MH-6 Little Bird masuk ke gedung lokosi pertemuan di Hawlwadig Road, disalah satu distric di Mogadishu yang bernama Bakara Market. Sedangkan pasukan Rengers dibawah pimpinan Kapten Steele akan turun menggunakan tali dari atas heli MH-60 Black Hawk ke empat penjuru sudut gedung untuk membentuk sebuah perimeter pelindung (tiap regu disebut sebagai "chalk"). Sedangkan untuk ekstraksi sandera digunakan jalur darat, Letkol McKnight memimpin konvoi kendaraan militer darat yang akan digunakan untuk mengangkut target.

Sumber: le0pard31.com

Misi yang diberi kode "Irene" ini rencananya hanya berjalan tak kurang dari 30 menit. Namun diluar dugaan, mendadak Kota Mogadishu berubah panas setelah para milisi dan simpatisan Aidid berkumpul melawan. Seantero kota dipenuhi orang bersenjata mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Dua heli blackhawk tertembak jatuh oleh RPG. Suasana kota jadi kacau balau dengan baku tembak jarak dekat. Akhirnya USA terpaksa meminta bantuan pasukan PBB yang berasal dari Pakistan dan Malaysia untuk mengevakuasi heli yang jatuh dan pasukan yang terjebak di kota.


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Review: Black Hawk Down
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Review: Black Hawk Down ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment