Menyetem (Tuning) Gitar dengan Mini Clip Tuner

Menyetem (tuning) gitar adalah hal yang sangat penting sebelum memainkan gitar itu sendiri. Tanpa menyetem, senar gitar yang kita petik akan memiliki nada yang terdengar tidak pas atau bahkan sumbang. Bagi sahabat blogger yang sudah mahir bermain gitar tentu tidak mengalami kesulitan saat menyetem gitar karena sudah memiliki feeling akan nada-nada pada senar-senar gitar. Namun bagi sahabat blogger yang baru belajar bermain gitar seperti saya, tentunya sering kali mengalami kesulitan dalam menyetem gitar. :D


Di kesempatan ini saya mencoba berbagi pengalaman tentang cara menyetem gitar dengan menggunakan alat yang disebut tuner. Yang saya bahas disini salah satu tuner yang menggunakan clip (jepit) dalam pengoperasiannya. Yang saya gunakan adalah mini clip tuner merk JOYO JT-11 Chromatic. Sebenarnya banyak macam merk mini clip tuner yang beredar dipasaran dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda mulai dari harga di bawah hingga yang diatas 100 ribuan.




Cara kerja alat ini adalah dengan menangkap vibrasi saat saat kita menjepitkan alat ini pada headstock atau kepala gitar lalu kita petik senarnya. Langkah-langkah menyetem gitar dengan alat ini adalah sebagai berikut.


1. Hidupkan tuner hingga layar menyala.




2. Buka tuner hingga membentuk sudut lalu jepitkan pada kepala gitar
.

3. Mulai menyetem dengan memetik salah satu senar gitar (disini saya contohkan menyetem gitar dengan tuning gitar standar dari senar paling bawah ke atas berturut-turut adalah E, B, G, D, A, E), mulailah dengan senar paling bawah.


4. Petik senar yang paling bawah lalu putar (kencangkan/longgarkan) hingga layar tertulis huruf E dengan font warna hijau dan garis tepat ditengah. Jika garis berada disebelah kiri maka nada terlalu rendah (maka kencangkan) dan sebaliknya jika berada disebelah kanan maka nada terlalu tinggi (maka longgarkan). Ingatlah urutan tangga nada dari rendah ke tinggi adalah A - B - C - D - E - F - G - A.


 




5. Lakukan dengan cara yang sama pada lima senar lain diatasnya yaitu berturut-turut dari bawah keatas adalah B, G, D, A, E


6. Jika semua senar sudah di tuning, lakukan sekali lagi pengecekan dengan memetik satu persatu senar gitar.


7. Jangan lupa lepas tuner dan matikan tuner jika sudah selesai :D



Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Menyetem (Tuning) Gitar dengan Mini Clip Tuner
Ditulis Oleh Alfiandi's Blog
Jika mengutip harap mencantumkan sumber dan memberikan link menuju ke artikel Menyetem (Tuning) Gitar dengan Mini Clip Tuner ini. Segala bentuk pelanggaran hak cipta akan dilaporkan ke DMCA Takedown. Komentar yang tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik seperti promosi, jualan, dsb tidak akan dipublikasikan. Terima kasih atas perhatiannya. Happy Blogging :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment